Monday 18 April 2022

10 soal dan jawaban manajemen pemasaran

1. Apa yang dimaksud menggunakan konsep pemasaran ?
Jawab:
Konsep pemasaran artinya sebuah falsafah bisnis yg menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen adalah kondisi ekonomi dan  sosial bagi kelangsungan hayati perusahaan.

2. Sebutkan dan  jelaskan faktor-faktor dalam sistem pemasaran !
Jawab:
Faktor-faktor dalam sistem pemasaran :
A. Organisasi yg menjalankan tugas-tugas pemasaran.
B. Sesuatu (barang, jasa, inspirasi, orang) yg sedang dipasarkan.
C. Pasar yg dituju.
D. Para mediator yg membantu pada pertukaran (arus) antara organisasi pemasaran dan  pasarnya. Mereka ini ialah pengecer, pedagang akbar, agen pengangkutan, forum keuangan, serta sebagainya.
E. Faktor-faktor lingkungan seperti demografi, kondisi perekonomian, faktor sosial dan  kebuduyaan, kekuatan politik serta aturan, teknologi dan  persaingan.

3. Apa yang dimaksud dengan sistem pemasaran ?
Jawab:
Sistem pemasaran adalah kumpulan forum-forum yang melakukan tugas pemasaran barang, jasa, wangsit, orang dan  faktor-faktor lingkungan yang saling menyampaikan pngaruh, dan  membuat serta mempengaruhi korelasi perusahaan dengan pasarnya.

4. Sebutkan dan  jelaskan faktor yg wajib  dipertimbangkan buat mengambil keputusan secara efektif ihwal produk !
Jawab:
Faktor-faktor ini ialah bagian atau elemen yg terdapat dalam sebuah model buat mengambil keputusan tentang produk, ialah :
A. Analisa pasar
Pengambilan keputusan tentang produk diawali menggunakan menganalisa pasarnya. Dalam hal ini, analisa pasar adalah bagian integral di mekanisme yang terdapat. Dengan analisa pasar ini menyampaikan kemungkinan pada manajer buat mengidentifikasikan kebutuhan serta harapan para pembeli. Selain itu pula dapat memberikan hingga seberapa jauh penawaran yang terdapat mampu memberikan kepuasan di mereka. Jadi, analisa pasar ini membuka kesempatan buat memperkenalkan produk baru yang menguntungkan ataupun buat mengubah, memperbaiki, melengkapi produk yg terdapat.

B. Memonitor lingkungan
Sumber-asal yang terbatas serta efek sang faktor-faktor lingkungan, perusahaan harus berusaha memanfaatkan secara penuh kesempatan yg terdapat. Faktor-faktor lingkungan yg dimaksud adalah faktor lingkungan ekstern mirip :
- demografi
- kondisi perekonomian
- sosial serta kebudayaan
- politk serta hukum
- teknologi
- persaingan

C. Memilih tujuan produk
Termin selanjutnya dalam contoh keputusan ihwal produk ialah memilih tujuan khusus buat setiap penawaran. Umumnya tujuan ini dikaitkan menggunakan masalah-problem mirip :
- pengembangan investasi
- untung
- market share atau volume penjualan
D. Menentukan marketing mix
Sehabis tujuan produknya ditetapkan, kini   manajemen harus menentukan marketing mix buat mencapai tujuan tadi. Pada hal ini manajemen dihadapkan pada 3 masalah yg wajib  dipertimbangkan, ialah :
- variabel-variabel marketing mix manakah yang harus dikembangkan buat setiap produk yang ditawarkan ?
- dari variabel marketing mix yang dipilih, macam variabel manakah yang sempurna buat diambil ?
- pertimbangan yg ketiga merupakan membuatkan usaha pemasaran keseluruhan buat produk tadi.

E. Menerapkan keputusan-keputusan marketing mix
Selesainya diputuskan perihal variabel marketing mix yang tepat buat digunakan. Keputusan tadi bisa dilaksanakan dengan memilih :
- apa (tugas apa yang wajib  dilaksanakan) ?
- siapa (siapakah yang melaksanakan tugas tadi) ?
- mengapa (mengapa tugas tersebut dilaksanakan) ?
- bagaimana (bagaimana tugas tersebut dilaksanakan) ?
- kapan (kapan tugas tersebut dilaksanakan) ?
- dimana (lokasi) ?
Penerapan keputusan marketing mix yg tak memadai atau galat mungkin ditimbulkan karena pelaksanaannya yg kurang baik. Situasi demikian wajib  secepatnya diperbaiki agar tujuannya bisa dicapai.

F. Mengadakan prosedur pengawasan
Sistem pengawasan perlu diadakan pada manajemen produk serta merupakan tahap terakhir. Tahapan-tahapan ini diantaranya :
- memilih kriteria supervisi buat menilai keberhasilan atau kegagalan produk tertentu.
- pengukuran kriteria yg sudah dipilih, diukur pada berbagai macam situasi secara rasional.
- penentuan standard kerja; manajemen wajib  selalu memonito peristiwa/aplikasi kerja, apakah standard yang sudah ditentukan tercapai. Cara yang dapat digunakan ialah dengan obsevasi eksklusif atau menggunakan menganalisa data konsumen.
- membandingkan yang akan terjadi menggunakan standard; Bila yang akan terjadi yang dicapai sudah memenuhi standardnya, berarti baik dan  tidak memerlukan termin selanjutnya pada sistem pengawasan ini. Tetapi Bila hasilnya bukan memenuhi standardnya, maka perlu dianalisa lebih lanjut mengapa tujuan tadi bukan tercapai.

Lima. Apa yang dimaksud menggunakan market share ?
Jawab:
Market share ialah presentas jumlah unit yg terjual untuk suatu produk (produk x) dihitung asal jumlah unit yang terjual buat industri (produk x) serta produk-produk saingan.

6. Apa saja tugas manajer pemasaran yg anda ketahui ?
Jawab:
Tugas manajer pemasaran sebenarnya dimulai jauh sebelum produk itu didapatkan dan  tak akan berhenti sampai produknya terjual; serta tugas-tugasnya diantaranya :
- menyelidiki kebutuhan dan  impian konsumen
- mengembangkan suatu konsep produk yang ditujukan buat memuaskan/melayani kebutuhan yg belum terpenuhi
- mengadakan pengujian terhadap berlakunya konsep produk tersebut
- menghasilkan desain produk
- membuatkan pembungkusan serta merk
- menetapkan harga sedemikian rupa untuk menerima return on investment yg layak
- mengatur distribusi
- membentuk komunikasi pemasaran yang efektif dengan menggunakan media atau cara lain  yg sempurna
- memeriksa penjualan
- memperhatikan kepuasan konsumen
- memperbaiki serta menyebarkan planning pemasaran yang berdasarkan di hasilnya

7. Jelaskan yang dimaksud menggunakan proses pemasaran strategik !
Jawab:
Proses pemasaran strategik ini ialah suatu proses manajemen yg menganalisa kesempatan pasar serta memilih posisi, acara, serta pengendalian pemasaran yg membangun serta mendukung usaha-bisnis yg aktif buat mencapai tujuan serta sasaran perusahaan.

8. Apa yg dimaksud permintaan negatif dan  bagaimana tugas manajer perusahaan ketika terjadi permintaan negatif ?
Jawab:
Permintaan negatif bisa berarti seluruh atau sebagian terbesar berasal segmen pasar potensial yg penting bukan menyukai produk atau jasa yang ditawarkan; bahkan mereka bersedia membayar buat menghindarinya. Misalnya:
- golongan orang yang mempunyai permintaan negatif terhadap vasectomy
- golongan orang yg memiliki permintaan negatif terhadap angkutan menggunakan bus (senang mabok)
Adapun tugas manajer pemasaran disini adalah menghasilkan suatu rencana buat mengubah permintaan dari negatif sebagai permintaan yang positif. Tugas manajer pemasaran buat mengubah permintaan negatif menjadi positif ini disebut conversional marketing.

9. Apa yang dimaksud permintaan menurun dan  bagaimana tugas manajer perusahaan waktu terjadi permintaan menurun ?
Jawab:
Semua jenis produk atau jasa yg ditawarkan sang suatu perusahaan suatu waktu akan mengalami kemunduran atau permintannya menurun. Permintaan menurun merupakan suatu keadaan dimana permintaan buat suatu produk atau jasa itu semakin berkurang dari tingkat sebelumnya, serta diperkirakan akan menurun terus Bila tak dilakukan bisnis-bisnis buat memperbaiki pasar yang dituju, penawaran, dan /atau bisnis-bisnis pemasarannya.
Dalam hal ini, manajer pemasaran memiliki tugas buat menaikkan permintaan. Tugas ini dianggap remarketing. Peningkatkan permintaan dapat dilakukan bilamana masih terdapat kemungkinan buat memperbaharui produk atau jasa yg semakin menurun tadi. Disini, manajer pemasaran berusaha mencari usul-usul baru dalam penawarannya di pasar potensial.

10. Jelaskan hubungan antara penetapan sasaran pasar menggunakan segmentasi pasar !
Jawab:
Istilah segmentasi pasar dan  penentuan pasar (market targeting) sebenarnya adalah 2 hal yang tidak sinkron walaupun kelihatan sama. Segmentasi pasar merupakan aktivitas membagi-bagi pasar yg bersifat tidak sejenis asal suatu produk ke pada satuan-satuan pasar yang bersifat homogen, sedangkan market targeting merupakan keputusan perusahaan tentang pasar manakah yang akan dilayani.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment