Tuesday 19 April 2022

Contoh soal dan jawaban manajemen sumber daya manusia (SDM)

 1. dampak negatif terkait kelangkaan SDM yang berkualitas tinggi?

Jawaban: 

b. Sumberdayamanusia (sdm) adalah salah  satu faktor kunci dalam persaingan dunia, yakni bagaimana menciptakan sdm yg berkualitas serta mempunyai keterampilan serta berdaya saing tinggi pada persaingan global yang selama ini kita biarkan yangsudah sempurna dihadapi oleh bangsa indonesia menuntut adanya efisiensi dan  daya saing pada global usaha.

b. globalisasi yg menyangkut korelasi intraregional dan  internasional akan terjadi persaingan antarnegara.

     

2. Jelaskan pengertian msdm!

Jawaban :

Msdm adalah suatu bidang manajemen yang menelaah korelasi dan  peranan insan pada organisasi/perusahaan. Msdm bisa juga diartikan suatu proses pemanfaatan sendok makan secara efektif dan  efisien melalui aktivitas perencanaan, penggerakan serta pegendalian semua nilai yg sebagai kekuatan manusia untuk mencapai tujuan. Sedangkan  menurut para ahli msdm didefinisikan menjadi rangkaian seni manajemen, proses dan  aktivitas yg didesain buat menunjang tujuan perusahaan menggunakan cara mengintegrasikan kebutuhan perusahaan dan  individu. Fokus msdm ialah terkait dengan tenaga kerja mamanusia


3. Kebijakan apa saja yg pemerintah lakukan buat mempertinggi sumber daya manusia

Jawaban :

usaha pemerintah buat meningkatkan asal daya insan :

- pelatihan pada berbagai departemen kementrian

- hadiah bantuan modal serta pembinaan, berupa ukm

- hadiah donasi biaya usaha dan  training, pada bentuk pnm


4. Sebutkan serta jelaskan fungsi operasional msdm!

Jawaban:

A. Pengadaan sdm (procurement) ,

Merupakan kegiatan memperoleh sdm yang tepat baik asal segi kuantitis maupun kualitas yang diharapkan buat mencapai tujuan perusahaan.

B. pengembangan sdm.

Setelahsetelah karyawan diperoleh, mereka baru dikembangkan buat menaikkan keterampilan, pengetahuan serta sikap melalui acara latihan serta pengembangan (pembinaan and development program) agar bisa melakukan tugas menggunakan baik.

C. Anugerah kompensasi atau balas jasa.

Fungsi balas jasa diantikan menjadi pemberian  penghargaan lansung serta bukan eksklusif, baik pada bentuk material juga No. Materialyang adil serta layak kepada karyawan atas donasi mereka dalam pencapaian tujuan perusahaan.

D. Pengintegrasian karyawan.

Fungsi pengintegrasian berusaha buat memperoleh keamanan kepentingan individu karyawan, perusahaan serta mayarakat. Pengintegrasian ini jua berupaya menaikkan sikap solidaritas/loyalitas sesama pekerja.

E. Pemeliharaan karyawan.

Fungsi pemelihaharaan karyawan berkaitan degan bisnis-usaha buat mempertahankan kesinambugan dari keadaan yg telah dicapai melalui fungsi sebelumnya.Model pemelihaan syarat fisik karyawan ialah program k3 (kesehatan serta keselamatan kerja) dan  acara pelayan jaminan sosial kerja.

F. Phk (pemutusan hubungan kerja).

Phk bisa berupa pemecatan/pemberhentian secara hormat juga secara tidak hormat. Phk secara hormat umumnya adalah karena pensiun. Sedangkan phk secara tidak hormat umumnya terjadi sebab kesalahan besar  karyawan atau kurang disiplinnya sdm atau karyawan yang diterima tak sinkron harapan perusahaan


5. Bagaimana cara meningkatkan kualitas SDM suatu masyarakat?

Jawaban:

Kualitas asal daya manusia itu selalu di dasarkan atas :

A. Pendidikan yg di dapatkan

B. Famili --> peranannya sangat penting pada memulai prinsip2 tata cara baik pada dlm hidup yg akan mempertinggi kualitas sumber daya manusia tsb.

C. Penerapan ilmu pendidikan pada dapatkan itu pada pakai pada kehidupannya sehari2 ( mau pada pekerjaan / keluarga).

Aku  rasa 3 hal dasar tsb akan meninkatkan kinerja seseorang itu akan berakibat dirinnya sukses bagi dirinnya sendiri dan  pula bagi orang2 di sekitarnya.



6. Sebutkan dan  jelaskan 3 prinsip dasar pada mengelola sdm?

Jawaban:

A.Sdm,

Sdm artinya aset yang paling berharga serta paling krusial dimiliki sang satu organisasi/perusahaan, karena keberhasilan perusahaan sangan ditnetukan oleh unsur manusia. Insan ialah perencana, pelaksana , dan  sekaligus pengendali terwujudnya tujuan perusahaan.

B.Keberhasilan,

Keberhasilan itu sangat mungkin dicapai, Jika kebijaksanaan prosedur serta peraturan yang berkaaitan dengan manusia asal perusahaan salinng bekerjasama serta menguntungkan semua pihak yg terlibat dalam perusahaan, baik itu pihak internal maupun pihak eksternal perusahaan.

C.Budaya,

Budaya dan  nilai perusahaan dan  perilaku manajerial yang asal berasal budaya tersebut akan menyampaikan pengaruh besar  terhadap pencapaian hasil terbaik. Sang sebab itu, budaya perusahaan dan  etos kerja harus ditegakkan secara monoton oleh semua pucuk pimpinan serta jajarannya serta seluruh karyawan yg ada dalam perusahan.


7. Sebutkan faktor yang mempengaruhi sumber daya manusia

Jawaban :

A. Lingkungan eksternal

Perubahan-perubahan lingkungan sulit diprediksi pada jangka pendek dan  kadang-kadang tak mungkin diperkirakan dalam jangka panjang.

B. Keputusan-keputusan organisasional

Aneka macam keputusan utama organisasional menghipnotis permintaan sumber daya manusia.

C. Faktor-faktor persediaan karyawan

Permintaan sumber daya manusia dimodifakasi sang kegiatan-kegiatan karyawan. Pensiun, permohonan berhenti, terminasi, dan  kematian seluruhnya menaikkan kebutuhan personalia. Data masa lalu perihal faktor-faktor tadi dan  demam isu perkembangannya bisa berfungsi menjadi panduan perencanaan yang seksama.


8. Jelaskan aspek aspek SDM?

Jawaban : 

Aspek-aspek sumber daya insan merupakan pengimplementasian sumber daya insan atau kemampuan iptek yg dimiliki manusia dalam sebuah bisnis atau pekerjaan.Contohnya keahlian pada suatu bidang, kepandaian kritis, kemampuan menyelesaikan sejumlah masalah dan  lain sebagainya


9. Apa akibat negatif terkait kelangkaan SDM yang berkualitas tinggi?

Jawaban:

Sumberdaya manusia (sdm) ialah salah  satu faktor kunci dalam persaingan global, yakni bagaimana menciptakan sdm yang berkualitas serta mempunyai keterampilan dan  berdaya saing tinggi pada persaingan global yg selama ini kita biarkan. Globalisasi yg sudah pasti dihadapi oleh bangsa indonesia menuntut adanya efisiensi dan  daya saing pada global bisnis. Dalam globalisasi yg menyangkut korelasi intraregional dan  internasional akan terjadi persaingan antarnegara


10. Mengapa pada indonesia pada pengelolaan SDM nya, selalu orang luar yg menjalankan & mengerjakannya

Jawaban:

Alasan yang seringkali perdengungkan dalam penggunaan energi kerja asing adalah buat acara alih keterampilan dan  mendidik serta melatih pekerja lokal yg sahih-benar diharapkan industri nasional. Bila di indonesia sendiri telah ada tenaga ahli yg mampu mengatasinya, maka energi kerja asing bukan akan diizinkan buat bekerja pada sini (berdasarkan saya ini alasan klasik).


Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment