Sunday 23 February 2014

PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI ZAMAN KE ZAMAN

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Sebagai makhluk social, manusia membutuhkan untuk berkomunikasi dengan sesamanya dan merupakan kebutuhan penting untuk melakukan interaksi dengan baik. Manusia semestinya berupaya mencari dan menciptakan system dan alat untuk saling berinteraksi dengan berbagai cara. Baik lewat gambar (bentuk lukisan, isyarat (tangan, asap, dan bunyi), huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, telepon maupun internet. Perkembangan peradaban manusia akhirnya mengenal yang namanya Teknologi Informatika (Information Technology). Diawali dari bentuk gambar yang tidak memiliki arti di sinding-dinding gua, prasasti-prasasti hingga adanya informasi yang saat ini familiar ditelinga manusia yaitu internet.
Komputer adalah sebuah fenomena yang luar biasa dalam sejarah manusia. Komputer jugalah yang menyebabkan adanya teknik informatika. Di zaman modern seperti saat ini, computer bukan lagi barang yang aneh. Komputer begitu penting terutama sebagai penunjang kegiatan bisnis. Dengan menggunkan computer, seseorang dapat memudahkannya dalam bekerja. Dan besarnya manfaat computer bias diraskan dalam hal : efesiensi waktu, biaya, tenaga, kecermatan dan ketelitian dalam menghitung, ketetapan suatu analisa jumlah data yang dapat diolah besar, dapat memecahkan asalah-maslah yang rumit yang tidak dilakukan tanpa computer. Semua orang mungkin tahu apa itu computer, namun tak semua orang tahu bagaiman sejarah computer hingga bias seperti sekarang dan dapat memudahkan pekerjaan kita. Oleh karena itulah, makalah tentang Sejarah Perkembangan Informatika dan Komputer ini dibuat dan juga untuk tugas filsafat ilmu.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian Teknologi Informatika dan computer?
2. Siapa penemu computer?
3. Bagaiman sejarah teknologi informatika dan computer dari awal hingga saat ini?
C. Tujuan
1. Mengetahui apa itu teknologi informatika dan computer.
2. Mengetahui siapa penemu computer.
3. Mengetahui bagaiman sejarah perkembangan teknologi informatika dan computer dari awal hingga saat ini.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian dan Sejarah perkembangan Teknologi Informatika
1. Pengertian Teknologi Informatika
Informatika adalah suatu ilmu yang mempelajari computer dan pemanfaatannya untuk mempermudah kehidupan manusia. Karena informatika menguunakan software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (penggunaannya). Untuk memecahkan suatu masalah, maka pengunaannya dapat difokuskan pada satu dua atau ketiga factor yang ada diatas.
Informatika berasal dari dua kata, yaitu informasi dan matematika. Teknologi Informatika dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Communication Technologies (CT) merupakan usaha pemusatan yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Teknologi informatika meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi.

2. Sejarah Perkembangan Teknologi Informatika
Untuk mengkaji lebih dalam perkembangan informasi maka perlu dipahami mendalam sejarah teknologi informasi untuk mendapatkan keutuhan ilmu dan pengetahuan tentang teknologi informasi. Sejarah teknologi dapat kita bagi ke dalam masa pra-sejarah, masa sejarah, dan masa modern.

a. Masa prasejarah
Pada zaman ini, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan oleh manusia berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk menggambarkan informasi yang diperoleh, mereka menggambarkannya pada dinding-dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini, manusia mulai mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, kemudian melukiskannya pada dinding gua tempat tinggalnya. Awal komunikasi mereka pada zaman ini hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan.
Pada zaman prasejarah mulai diciptakan dan digunakan alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, dan isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan terhadap bahaya.
b. Masa sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
Di era ini teknologi informasi belum dikenal secara massal dan belum dipakai secara massal. Layaknya teknologi internet saat ini yang sudah dikenal massal teknologi informasi penggunaannya masih dalam kalangan terbatas saja. Penggunaannya juga hanya pada saat-saat khusus karena pembiayaan yang dikeluarkan banyak dalam pemakaiannya.
  Masa 3000 SM
Untuk yang pertama kali, tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk
bunyi (penyebutan) yang berbeda sehingga mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa. Perkembangan teknologi informatika di masa sejarah terbilang pesat. Cara berkomunikasi juga semakin maju pada masa sejarah. Hal ini terlihat dari ditemukannya abjad fonetik, kertas sebagai media menulis, sampai pada cara mencetak buku.
  Masa 2900 SM
Pada 2900 SM, bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf hieroglif. Hieroglif merupakan bahasa simbol, dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut digabungkan menjadi
satu rangkaian, maka akan menghasilkan sebuah arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.
  Masa 500 SM
Pada 500 SM, manusia sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai Nil. Serat papyrus dapat digunakan sebagai kertas. Kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus menjadi media untuk menulis atau media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan
tanah liat yang sebelumnya juga digunakan sebagai media informasi.

  Masa 105 M
Kertas yang ditemukan bangsa Cina
Bangsa Cina muncul sebagai negara pertama yang menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa Cina tersebut merupakan kertas yang saat ini dikenal diseluruh dunia yang berbahan dasar pulp. Pembuatan kertas ini dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan di keringkan. Penemuan ini memberikan pengaruh besar untuk perkembangan teknologi informasi di dunia. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kalian kenal sekarang dengan sistem cap.
Penemuan Teknologi Informatika di masa sejarah

c. Masa Modern (1400-an – sekarang)
  Tahun 1455
Pada 1455, untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.

Johann Gutenberg dan mesin cetak yang dikembangkannya
  Tahun 1830
Augusta Lady Byron dan Charles Babbage (mesin analytical)

Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital, 94 tahun sebelum komputer digital pertama ENIAC 1 dibentuk.
  Tahun 1837
Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Namun sinyal-sinyal yang dapat dikirim dengan baik hanya berada dalam jarak 32 km. Untuk jarak yang lebih jauh, sinyal-sinyal yang diterima menjadi terlalu lemah untuk direkam.
      Telegraf dan penemunya (Samuel Morse)
Kemudian, Morse membangun peralatan relai yang ditempatkan di setiap 32 km dari stasiun sinyal. Relai tersebut berfungsi untuk mengulangi sinyal yang diterima dan mengirimnya kembali ke 32 km berikutnya. Relai terdiri dari sakelar yang dioperasikan secara elektromagnetik. Sistem telegraf kemudian segera digunakan untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman pesan secara cepat untuk jarak yang jauh, seperti surat kabar dan pesan untuk perjalanan kereta api.
  Tahun 1861
Gambar bergerak yang diproyeksikan ke dalam sebuah layar pertama kali digunakan sebagai cikal bakal film sekarang pada zaman dulu proyektor ini berkembang dengan sebutan layar tancap.
  Tahun 1876
Melvyl Dewey pada era ini ditandai dengan dikembangkannya sistem penulisan desimal.
  Tahun 1877
Pada 1877, Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua pelanggan. Sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan angka, dimana nomor telepon menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka.

  Tahun 1889
Pada 1889, Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus yang dilakukan pada 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro Sensus tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus.
Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dapat ditekan secara drastis.
  Tahun 1923
Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama.
  Tahun 1931
Pada 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.
  Tahun 1939
Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih. Mengenai sejarah perkembangan komputer ini akan dijelaskan pada bagian berikutnya.
  Tahun 1940
Pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa Perang Dunia 2 yang dipakai untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen-dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetik tape.
  Tahun 1945
Sistem pengkodean memakai hypertext dikembangkan Vannevar Bush. Pemakaian hypertext sudah berkembang seiring dengan perkembangan desain web site yang saat ini berkembang.
  Tahun 1946
Teknologi komputer digital pertama di dunia ENIAC I dikembangkan walaupun belum begitu banyak pemakai tetapi teknologi computer sudah digunakan instansi-instansi tertentu.
  Tahun 1948
Transistor dikembangkan para peneliti di Bell Telephone.
  Tahun 1957
Transistor planar dikembangkan Jean Hoerni mengembangkan. Teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silikon. Sputnik diluncurkan oleh Rusia sebagai satelit bumi buatan pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Karena hal tersebur Amerika membentuk Advance Research Projects Agency (ARPA) di bawah kewenangan Departemen Pertahanan Amerika untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi dalam bidang militer.
  Tahun 1972
E-mail diciptakan oleh Ray Tomlinson sebagai program pertama yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh menggunakan teks. E-mail yang dikenal saat ini yang sring juga disebut sebagai surat elektronik.
  Tahun 1973-1990
Pada masa ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP. Secara harfiah, internet (interconnected networking) diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada 1969 sebagai ARPANET yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET di antaranya adalah kaedah rangkaian tanpa pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).
Pada 1981, National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut CSNET dengan kapasitas 56 Kbps untuk setiap institusi dalam pemerintahan.
Pada 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari Internet yang kita kenal sekarang. Kemudian pada 1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET, DDN, dan Internet Gateway. Pada 1990-an, internet telah berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan-jaringan komputer yang ada.
  Tahun 1991 – Sekarang
Perkembangan peradaban manusia merasuki semua bidang. Sistem bisnis berbasis teknologi pun dilakukan. Ketika CERN dalam menanggulangi biaya operasionalnya memungut bayaran dari para anggotanya. Pada tahun 1992 pembentukan komunitas internet, kemudian diperkenalkan istilah World Wide Web (WWW) oleh CERN. Pada tahun 1993, NSF membentuk interNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (oleh AT&T), jasa registrasi (oleh Network Solution Inc), dan jasa informasi (oleh General Atomics/CERFnet).
Perkembangan pertumbuhan internet berkembang  sangat pesat pada tahun 1994. Internet merambah ke dalam segala segi kehidupan manusia yang menjadikan internet sebagai bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Perusahaan umum pada tahun 1995 mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di Backbone. Langkah ini menjadi tapakan dasar pengembangan teknologi informasi terkhusus internet serta masih dilakukannya berbagai penelitian dalam mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.
Penemuan Teknologi Informatika di masa modern

B. Pengertian dan Sejarah Perkembangan Komputer
1. Pengertian Komputer
Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa latin “computare” yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Komputer adalah alat elektronik yang dapat menerima input data dan mengolahnya menjadi suatu bentuk informasi, dengan menggunakan sebuah program yang tersimpan dalam memorinya serta dapat menyimpan program dan hasil pengolahannya secara otomatis.
2. Sejarah Perkembangan Komputer
Membahas tentang sejarah perkembangan computer tak terlepas dari dari penemuan penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Komputer yang biasa digunakan saat ini merupakan evolusi panjang dari komputer terdahulu sejak pertama kali diciptakan dimana komputer sangat terbatas penggunaan dan kegunaannya karena belum dikomersilkan serta memerlukam keahlian khusus untuk mengoperasikannya.
Meskipun demikian perjalanan sejarah perkembangan komputer tak terhenti bahkan telah beberapa kali mengalami evolusi ditiap generasinya dan dari tiap generasi menunjukkan perbedaan-perbedaan yang sangat menonjol seiring kemajuan teknologi yang sangat mendukung perkembangan komputer itu sendiri.
Jika kita memperhatikan perjalanan kilas balik sejarah perkembangan komputer dari setiap generasi, bahwa komputer dapat digolongkan menjadi 4 golongan berdasarkan peralatan yang digunakan untuk menciptakan sebuah komputer sebagai alat pengolah data, yaitu :
a) Komputer dengan menggunakan peralatan manual, maksud dari komputer disini sesuai dengan asal kata yaitu “to compute” dengan menggunakan peralatan pengolahan data yang sangat sederhana dengan menggunakan tenaga tangan manusia seperti pada alat hitung tradisional yang dikenal sebagai abakus
b) Komputer dengan menggunakan peralatan mekanik,  yaitu sistim komputasi sederhana dengan menggunakan peralatan yang sudah berbentuk mekanik dan digerakkan secara manual
c) Peralatan Mekanik Elektronik : Pada bagian ini perjalanan sejarah komputer telah menggunakan peralatan mekanik yang bergerak secara otomatis dengan menggunakan prinsip motor elektronik dan operator untuk melakukan pengendalian operasi
d) Peralatan Elektronik : Peralatan komputer dimana pengolahan datanya bekerja secara elektronik seperti yang biasa kita jumpai saat ini
3. Evolusi Komputer
a).  Alat Hitung Sederhana (3000 SM)
Alat hitung sederhana yang dikenal manusia adalah abacus, sering pula disebut sempoa. Abacus pertama kali ditemukan oleh orang di Dataran Cina. Alat ini memungkinkan pemakaiannya dengan menggunakan biji-biji geser yang diletakkan dalam sebuah rak.

b). Kalkulator Mekaniks
  Tahun 1642
Pada tahun 1642, Blaise Paskal (1623-1662),yang masih berumur 18 tahun, menemukan apa yang disebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak.

  Tahun 1694
Wilhemkalkulator roda numerik (numerical wheel calculator)-Pascaline
Tahun 1694,seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem Von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin Yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi.

  Tahun 1820
Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar yang disebut arithometer. Kalkulator mekanik colmar, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I

  Tahun 1828
Awal mula komputer yang sebenarnya dimulai oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbge (1791-1871). Tahun 1828, Babbage memperhatikan kesesuain antara mesin mekanik dan matematika: mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu.  Usaha babbage  yakni mengusulkan sebuah mesin yang mampu melakukan perhitungan defferensial, akhirnya ia membuat sebuah mesin bernama mesin defferensial.
Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine.  Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842)  memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini.  Ia  membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Analitical Engine kepada  publik.  Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat  instruksi untuk dimasukkan ke dalam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama.  Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa  pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya.

  Tahun 1889
Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.  Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat.  Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan  perhitungan sensus.
Hollerith kemudian  mengembangkan alat tersebut dan menjualnya ke masyarakat luas.  Ia mendirikan Tabulating  Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924)  setelah mengalami beberapa kali merger.
Adapun fungsi kartu profesi yaitu : untuk memasukkan data sensus, memperpendek waktu kerja sensus, sebagai media  penyimpan data, menurunkan angka kesalahan dalam perhitungan data sensus.
c). Mesin Mekanik Elektronik
  Tahun 1903
Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat kalkulator elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit  elektrik.  Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner  aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.  Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk  terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektronik pertama di tahun 1940.
  Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
Pada Perang Dunia II, komputer dikembangkan ut kepentingan perang.
Tahun 1943, pihak Sekutu (Inggris ) menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman.
Di Amerika Serikat, Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil.
The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled  Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik.  Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik.
John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), Electronic Numerical Integrator and Computer  (ENIAC)…. 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan  5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW,… kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania.
Mesin Von Neumann mulai dikembangkan pada tahun 1945, seorang ahli matematika bernama Jhon Von Neumann yg juga merupakan konsultan dari ENIAC. Kemudian Jhon Von Neumann mengganti nama Mesin Von Neumann menjadi sebuah komputer bernama EDVAC (Electronic Discrete Variabel Computer).
Kemudian dikembangkan sebuah komputer dengan nama EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator). Selanjutnya tahun 1950 oleh Eckert dan Mauchly mengembangkan sebuah kompuetr bernama UNIVAC (Universal automatic Computer) sebagai komputer komersial pertama. Kemudian tahun 1953 IBM memproduksi IBM 605 dan IBM 701 sebagai komputer tang mulai populer dengan menggunakan prinsif-prinsif yang digunakan oleh UNIVAC.

  Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Ciri-ciri komputer generasi kedua:
1.  Menggunakan teknologi Transistor dan dioda menggantikan tabung hampa.
2. Sudah menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi
3. Memiliki media penyimpanan luar berupa Disk Magnetic
4. Kemampuan melakukan proses real time
Jenis-jenis komputer yang diproduksi pada generasi kedua ini antara lain: UNIVAC III, UNIVAC SS80, SS90, 1107, IBM 7070, 7080, 1400, dan 1600

  Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
Ciri-ciri komputer generasi ketiga:
1. Menggunakan teknologi IC.
2. Kinerja komputer lebih efisian dan cepat.
3. Memiliki kemampuan multiprosessing dan multitasking.
4. Mulai menggunakan terminal dispay dan bisa mengeluarkan suara.
5. Bisa berhubungan dengan komputer lain.
Jenis-jenis komputer yang diproduksi pada generasi ketiga ini antara lain: UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, dan IBM S/360

  Komputer Generasi IV (1970-1980)
Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004 yang berisi 230 transistor dan berjalan pada 108 KHz (Kilo-Hertz) dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik. Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Selanjutnya mikroprosesor 8080 dibuat pada tahun 1974, dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama. Sebelumnya prosesor 4004 dan 8008 dirancang untuk kebutuhan aplikasi tertentu, dan prosesor 8080 memiliki kemampuan lebih cepat dan memilki set instruksi yang lebih kaya, serta memiliki kemampuan pengalamatan yang lebih besar. Pada generasi keempat ini tampilan monitor masih satu warna (green color).

Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080, dengan sistem operasi CP/M (Control Program for Microprocessor), dengan bahasa pemrograman Microsoft Basic (Beginners Allpurpose Symbolic Instruction Code).

  Komputer Generasi V (1980 – Sekarang)
Pada generasi ini ditandai dengan munculnya: LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya adalah: Intel Corporation, Motorola, Zilog dan lainnya lagi. Dipasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium.

Akhir tahun 1980, IBM memutuskan untuk membangun sebuah komputer personal (PC) secara massal, yang menjadi sebuah standar komputer PC, dikenal dengan nama standar IBM-PC. Namun standar baru dalam dunia industri PC lebih dikembangkan oleh perusahaan lain seperti Intel dan Microsoft yang dipelopori oleh Bill Gates yang menjadi pionir standar hardware dan software dunia.
Mengguakan LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor kedalam sebuah microprocesor
Peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia.
Fungsi komputer menjadi lebih cerdas dan memiliki kemampuan yang semakin canggih..
Fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana

  Komputer Masa Depan
Bagaimana komputer masa depan ???
Beberapa ilmuan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis. Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan. Ahli-ahli sains komputer sekarang juga sedang mencoba merancang komputer yang tidak memerlukan penulisan dan pembuatan program oleh pengguna. Komputer tanpa program (programless computer) ini mungkin membentuk ciri utama generasi komputer yang akan datang.
Ciri-ciri komputer masa depan
Lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia
Komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia
Kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil.
Komputer masa depan akan lebih menakjubkan dengan model-model terbaru.
Komputer akan tertanam dalam tubuh manusia dalam bentuk chip.



BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Perkembangan computer dari masa ke masa selalu mengalami peningkatan. Pada awalnya computer bukanlah alat yang diciptakan untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu computer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam perhitungan atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan perkembangan zaman computer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna, khususnya pada bidang industry dan penelitian. Oleh karena itu, kata dasar computer berasal dari kata “compute” yang berarti menghitung dengan kata lain computer berarti alat penghitung. Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage, kecerdasan logika  matematikanya yang sangat special membuatnya mampu menciptakan sebuah mesin yang dia sebut dengan nama Analytical Engine pada tahun 1882, sebuah mesin yang berfungsi sebagai alat perhitungan-perhitungan umum.
Diantara teknologi informasi yang hamper disetiap temat kita temukan computer. Sekarang computer sangat berkembang pesat, hamper setiap tahun computer selalu mengalami perkembangan.

B. Saran
Untuk kemajuan teknologgi computer, maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola piker dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kreatifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.
Diharapkan dengan adanya teknologi computer dapat dimanfaatkan sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mencerdaskan bangsa, bukannya untuk menghancurkan moral-moral bangsa.
Kemajuan computer di masa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena di masa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system komputerisasi.
DAFTAR PUSTAKA

Setiawan. 2013. “Makalah Tentang Perkembangan Komputer”
http://setiawanndox.blogspot.com/2013/09/makalah-tentang-perkembangan-komputer.html, diakses 25 Desember 2013.
Buku Sekolah Elektronik – Kementerian Pendidikan Nasional.
http://tikom2sobang.wordpress.com/topik/kelas-vii/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi/, diakses 25 Desember 2013.
http://bolmerhutasoit.wordpress.com/tag/sejarah-perkembangan-teknologi-informatika/, diakses 26 Desember 2013.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment